Menindaklanjuti surat edaran dari Kemendikbud Ristek tentang penyelenggaraan pembelajaran jelang libur natal dan tahun baru, seluruh sekolah di wilayah Yogyakarta menunda pembagian rapor semester gasal tahun ajaran 2021/2022 dan menyelenggarakan kegiatan pengembangan diri bagi seluruh siswa. Hal ini dimaksudkan untuk mendukung kebijakan dari pemerintah untuk mengurangi mobilitas pada masa liburan dan tahun baru yang dapat berakibat pada lonjakan penularan covid-19. Oleh karena itu, SMA N 1 Jetis mengadakan pelatihan baris berbaris bagi siswa kelas X pada 9 s/d 13 Desember 2021. Bekerja sama dengan Kodim Bantul dan PPI, siswa mengikuti kegiatan dengan tertib.

lakik 2lakik

 

Seluruh siswa kelas X diwajibkan mengikuti kegiatan tersebut dengan tertib dan disiplin, dengan harapan dapat melatih pembentukan karakter dan melatih fisik serta membentuk tanggung jawab. Selain itu, baris berbaris juga turut menanamkan sikap disiplin dan patriotisme. 

pelatihan bariscew

Senin (15/11/2021) SMA N 1 Jetis mengikuti lomba upacara bendera yang dilaksanakan oleh Kabupaten pada jenjang SMA/MA. Dalam keikutsertaan mengikuti lomba upacara bendera tersebut, petugas dan peserta upacara dibatasi jumlah dan tetap memperhatikan protokol kesehatan covid-19. Upacara bendera diikuti oleh 10 siswa setiap jenjang kelas, 10 orang dari guru dan karyawan, 10 petugas paduan suara dan petugas upacara sejumlah 10 orang. Semua pelaksana upacara bendera termasuk peserta maupun petugas upacara tetap menggunakan masker dan mengatur jarak aman pada pelaksanaan upacara bendera. 

          peserta upacara  siswa      pengibaran bendera

Sebagai upaya penguatan pendidikan karakter peserta didik terutama karakter religius keimanan dan ketakwaan terhadap Allah SWT, OSIS dan Rohis SMA N 1 Jetis menggelar pengajian Maulid Nabi Muhammad SAW pada hari Rabu (27/10) di masjid halaman sekolah. Acara pengajian dihadiri oleh peserta didik kelas X, XI, dan XII pada sesi pembelajaran pagi, sedangkan peserta didik yang lain pada sesi siang mengikuti secara daring melalui live streaming akun youtube SMA N 1 Jetis Bantul.

Dalam kegiatan penguatan pendidikan karakter tersebut, disampaikan bagaimana memaknai Maulid Nabi sebagai seorang pelajar

Sabtu, 6 November 2021 telah dilaksanakan kegiatan Webinar Pilar Pendidikan Berkarakter dengan Tema: Memantik Kreativitas Guru Dalam Pembelajaran HOTS". Acara diikuti semua guru SMA N 1 Jetis, dan peserta lain dari berbagai daerah. Melalui kegiatan webinar tersebut Dr. Das Salirawati, M. Si mejelaskan inti dari webinar bahwa cara memantik kreativitas guru dalam pembelajaran HOTS, guru harus lebih banyak memperluas wawasan dengan membaca, mengikuti teknologi, saling berbagi ilmu dengan guru lain.  

Pada hari Selasa, 26 Oktober 2021, SMA N 1 Jetis Bantul mengadakan acara workshop panatacara bagi siswa. Acara ini merupakan program kegiatan bidang budaya dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam ketrampilan bahasa Jawa khususnya dibidang panatacara. Diharapkan dengan diadakan kegiatan workshop ini, siswa mempunyai bekal untuk skill yang dimiliki, yang tentunya akan berguna pada masa depan siswa maupun diterapkan dalam hidup bermasyarakat dilingkungan sekitarnya. Selain itu, kegiatan workshop juga bagian dari rencana SMA N 1 Jetis dalam menyiapkan bibit unggul untuk diikutkan dalam kompetisi kebahasaan panatacara.

Dalam workshop panatacara bahasa Jawa ini mengundang salah satu narasumber yang berkompeten dalam bidang pranatacara, beliau sering diminta menjadi panatacara di berbagai macam acara, tidak terkecuali acara mantenan (penyebutan pernikahan dalam Bahasa Jawa). Beliau bernama Bapak Faizal Noor Singgih, S.T.P. Beliau dalam menyampaikan materi terkesan santai namun tetap fokus dalam esensi materi yang disampaikan. Para siswa juga antusias dalam mengikuti materi yang beliau sampaikan, mulai dari apa saja yang harus diperhatikan jika menjadi seorang pranatacara, syarat-syarat menjadi pranatacara, bahasa yang biasa digunakan dalam pranatacara, dan masih banyak hal yang menarik lainnya. Banyak peserta workshop yang mencoba mempraktikkan langsung ilmu yang mereka dapat dari narasumber, mulai dari mencoba membuat teks pranatacara, hingga akhirnya ada beberapa peserta yang berani mencoba langsung menjadi seorang pranatacara. Acara ini berjalan dengan lancar, banyaknya peserta workshop yang antusias menunjukkan bahwasannya mereka tertarik dengan Bahasa Jawa, sehingga kedepannya bisa lebih mudah untuk mempelajari Bahasa Jawa.

Page 1 of 9

sman1jetis logo

Jalan Imogiri Barat Km 11,
Dusun Kertan, Desa Sumberagung,
Kec. Jetis, Kab. Bantul,
Prov. D.I. Yogyakarta,
Indonesia 55781
Telp. : (0274) 2810161

STATISTIK

1.png3.png6.png1.png6.png6.png

Visitor Info

  • IP: 54.172.135.8
  • Browser: Unknown
  • Browser Version:
  • Operating System: Unknown

Who Is Online
3
Online

2022-01-18