Tingkatkan Karakter Religuis, SMA N 1 Jetis Selenggarakan Rangkaian Kegiatan Keagamaan

Print
Berita
Hits: 128

Mengisi bulan Ramadhan tahun ini, SMA N 1 Jetis menyelenggarakan beberapa kegiatan yang berbeda dari tahun sebelumnya. Agenda Ramadhan kali ini difokuskan untuk membangun karakter siswa khususnya nilai religius yang diwujudkan dalam beberapa rangkaian kegiatan. Diantaranya festival Ramadhan, pelatihan kepemimpinan, bakti sosial, dan pengajian.

WhatsApp Image 2021 04 30 at 17.24.22

Festival Ramadhan diperuntukkan bagi siswa yang dikemas dalam bentuk lomba keagamaan meliputi lomba MTQ, Adzan, Nasyid, Kaligrafi serta Tausiyah. Adapun pelaksanaan  lomba diakukan secara virtual dengan memanfaatkan media sosial Instagram. Dengan merangkul ROHIS, SMA N 1 Jetis berharap dengan diadakannya lomba keagamaan tersebut siswa dapat mendalami ilmu agama dan mengilhami hari Ramadhan dengan penuh kebermanfaatan.

Selain kegiatan lomba, seluruh siswa yang tergabung dalam ROHIS diberikan pelatihan kepemimpinan pada Jumat, 30 April 2021 bertempat di Aula SMA N 1 Jetis. Melalui kegiatan pelatihan kepemimpinan ini dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan kepemimpinan serta melatih berorganisasi yang real. Artinya, siswa yang mengikuti tidak hanya masuk dalam suatu organisasi namun lebih dari itu dapat menunjukkan aksi nyata bagi lingkungan sekitarnya.

WhatsApp Image 2021 04 30 at 17.24.20

Dalam hal membangun jiwa sosial para siswa, SMA N 1 Jetis mengajak siswa untuk berbagi dengan anak-anak di Panti Asuhan Ulil Albab di Kotagede dengan kegiatan bakti sosial. Bakti sosial ini melibatkan seluruh warga sekolah dengan adanya infaq rutin baik siswa, guru dan karyawan. Adapun bentuk bantuan yang diberikan diantaranya sembako dan sedikit sedekah dari pihak sekolah berupa uang.

Puncak kegiatan dari berbagai rangkaian agenda bulan Ramadhan ditutup dengan pengajian. Pengajian diadakan sekaligus untuk memperingati nuzulul qur’an. Acara dihadiri oleh perwakilan siswa kelas X dan XI yang bertempat di halaman sekolah di bawah pohon kelengkeng. Pengajian diawali dengan pembacaan kalam illahi dilanjutkan dengan pengumuman juara festival Ramadhan, pengumuman pemenang lomba desain motif batik serta tausiyah yang disampaikan oleh H. Muhammad Nasharudin dan diakhiri dengan berbuka puasa Bersama.